Rabu, 21 September 2011

Serat Sara Silah Trah Bratadiningrat Bupati Kanoman - Banyumas


Assalamualaikum Warohmatullah Wabarakatuh, serta
Salam Sejahtera bagi kita semua

Dengan mengucap rasa syukur kehadirat Allah SWT dari segenap keluarga besar Trah keturunan Bratadiningrat-Bupati Kanoman Banyumas (garis keturunan sedarah lainnya ), dan akan selalu mengedepankan sikap hormat  dan menjaga nama baik leluhur, serta sikap cinta leluhur; Karena para leluhur telah meberikan sikap tauladan semasa hidupnya, yang selalu menjunjung tinggi ahklaq dan berbudi luhur, bermartabat sebagai serajat manusia, disertai berperilaku jujur, ikhlas saling menolong, tanpa pamrih, menjalankan tuntunan agama dengan benar, dan menjauh larangan-larangan-NYA, ini semua  wajib dijadikan pelita hidup dalam tatanan sebagai manusia oleh para Trah keturunan. Hal tersebut perlu kita kaji bersama-sama untuk memahaminya dengan niat suci sebagai darma bhakti kita. 

      Namun sekiranya dengan diawalinya penulisan riwayat ini penyusun berharap dapat menumbuhkan semangat untuk menjalin kembali hubungan garis keturunan baik, :
      Yang berdasarkan kaidah perintah agama (khusunya agama Islam dalam Kitab Suci Al-Quran, surat ke 4(empat) An-Nisaa ayat 23, 24. 
       Ataupun dari hasil ilmu pengetahun kedokteran yaitu Dasar-dasar Genetika Biokemis Manusia, (yang diterjemahkan oleh dr Abdul Salam, MSofro,Ph.D.; dan sisunting oleh: Prof DR.M.ISmadji di Fakultas kedokteran Universitas Gajah-Mada Yogyakarta). 
       Semua dalam uraiannya tsb intinya adanya peringatan yang datang langsung dari Sang Pencipta Allah SWT  memperingatkan dan sebagai larangngan bagi manusia dalam menata perkembang kehidupan berkeluarga. Dari sisi Pengetahuan Kedoteran (Manusia) telah menjelaskan teori serta membuktikan apabila terjadi inses .

    Inses adalah hubungan seks di antara dua lawan jenis yang memiliki hubungan darah/keluarga sangat dekat, seperti kakek dengan cucunya atau ayah dengan anak kandung perempuan atau di antara kakak-beradik sekandung.
Kawin sedarah bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, karena akan meningkatkan kesempatan berkembangnya penyakit genetika atau keturuan yang aneh
( Studi terbaru tersebut dijelaskan di jurnal Bioscience, memasukkan data genealogis Darwin-Hedgwood ke program komputer khusus, yang mengeluarkan koefisien kawin sedarah.)

       Sehingga tulisan Silsilah ini kami harapakn sebagai pengingat kembali yang senada agar para Keluarga Besar Trah Keturunan Bratadiningrat - Bupati Kanoman, Banyumas dapat menjaga hal-hal yang tidak di inginkan yang berakibat akan merusak nama Leluhur dan terkait hancurnya nama family yang sedarah karena sangat mempengaruhi genetika selanjutnya dalam suatu perkawinan. Melalui media inilah penyusun ingin bersama sama dengan segenap Keluarga Besar  Trah Bratadiningrat - Bupati Kanoman Banyumas;dan family lain  menjajikan tulisan riwayat dan menyusun kembali silsilah Pohon Keluarga sebagai penerus cita-cita leluhur.

       Hal inipun sudah tersirat dalam wasiat ataupun warisan para pini sepuh / leluhur yang telah diterima oleh mereka masing-masing kelompok keluarga sebagai ahli waris berupa dokumen data Serat Sarasilah sebagai hasil karya yang disusun / ditulis leluhur sendiri semasa hidupnya yaitu Raden Djoyosoebroto bin Raden Tumenggung Djayadiredja  bin Raden Ngabehi Kertadiredja, bin Raden Adipati Bratadiningrat Bupati Purwokerto. Generasi penerus Serat Sarasilah berikut adalah disusun dan ditulis oleh Trah DIPOSOEPANAN  karya beliau Raden Sastrodihardjo di Purwokerto, yang diselesaikan pada tanggal 01 Desember 1934. Memperhatikan dan mencermati maksud yang terkandung dalam wasiat / warisan tersebut, Trah Keturunan Raden Adipati Bratadiningrat Bupati Kanoman di Banyumas menyikapi sebagai kewajiban bagi setiap keluarga sedarah untuk menerima pesan leluhur  tersebut   serta melestarikannya.

      Sebagai sumber silsilah yang tersebut kami tulis diatas juga menggunakan bantuan pustaka / rujukan lainya diantaranya adalah karya Sugeng Priyadi "Babad Banyumas: Baribin, Budaya Majapahit dan Banyumas" Jurnal Penelitian Humanoria. Volume 3, No:2 edisi Agustus 2002. Surakarta:Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta,, serta pula hasil tulisan-tulisan dari tiga keluarga tersebut diatas, ditambah dari tulisan Silsilah Trah R Soedono Nataningrat;  R Soepangkat Brataningrat - Bupati Situbondo;
Wujud upaya melestarikan pesan yang tersirat dan tersurat dalam hasil karya silsilah para pinisepuh / leluhur, maka kami berupaya "Nguri-uri"/ melestarikan peninggalan/wasiat tersebut sampai dengan upaya saat ini( Th.2011 ) dengan cara menyusun kembali sesuai pertumbuhan keluarga, serta perkembangan kemajuan tehnologi media adalah menggunakan progam Komputer misalnya:  
  • Program Microsoft Visio 2011
  • Memakai vasilitas progam genealogycal di website http://id.rodovid.org/wk/Halaman_utama; ( data base otobiografi Silsilah )
  • http://www.geni.com/family-tree ( silsilah & fasilitas komunikasi antar Saudara dlsb.)
  • http://www.blogger.com/ ( Cerita leluhur dsb )
  • http://multiply.com/ ( menyimpan photo leluhur dsb.)
    • Jenjang susunan pada Silsilah Keluarga atau Genealogy Diagram dimulai dari atas yaitu yang tertua kebawah s/d. keturunan termuda, hal ini diatur dalam pakem budaya Jawa Kasunanan Surakarta Hadiningrat khususnya dan telah dibakukan pada umumnya. Keturunan dalam Jawa dikenal dengan sebutan “Trah”   Penulisan silsilah di buat rentang / jenjang sampai ke 10(sepuluh) level / graad). Dibuat berdasarkan petujuk membuat silsilah dalam buku  
    "Serat Piagem Sentana“ (gebookteakte) ngrewat sala-silahing ing Kasunanan Surakarta Adiningrat (Paku Buwana)", yaitu dimulai  dari: 
  • Pancer = Trah adalah nama nenek moyang/leluhur yang dijadikan pedoman cikal bakal
  • Level/urutan   1 = Anak / putera
  • Level/urutan   2 = Cucu
  • Level/urutan   3 = Buyut
  • Level/urutan   4 = Canggah
  • Level/urutan   5 = Wareng
  • Level/urutan   6 = Udeg-udeg
  • Level/urutan   7 = Gantung Siwur
  • Level/urutan   8 = Gropak senthe
  • Level/urutan   9 = Debog bosok
  • Level/urutan 10 = Galih Asem.
Urutan penulisan dimulai dari Pancer, misal yang dianut pancer laki-laki (patrinial), yang kemudian sampai rentang keturunan kesepuluh (Galih Asem), dan yang kemudian akan menjadi “Pancer” Trah/Keturunan berikutnya

Kesemuanya dengan maksud dan tujuan memudahkan dan memperjelas isi Serat Sarasilah, serta memudahkan koreksi, ataupun agar dapat memberikan rasa cinta kepada para pembaca, sebagai sarana meneliti kebenaran trah keturunan yang sebenarnya.
Untuk mencapai kesempurnaan Serat Sarasilah ini mak kami lakukan penyusunan serta penelitian kembali, dengan melakukan wawancara, dan anjang sana. serta memohon petolongan para keluarga, serta menerima sumbag saran, data lewat media HP-SMS/ Telp /email .

VISI & MISI Keluarga Besar Trah Raden Adipati BRADININGRAT - Bupati Kanoman Banyumas adalah :
  • Visi :
Seluruh Keluarga Besar Trah Bratadiningrat-Banyumas bertekad membangkitkan kembali rasa hormat dharma bakti sebagai kecintaan kepada leluhur disetiap generasi penerus, dengan dilandasi setiap family untuk beribadah sesuai agama / kayakinan kepercayaan masing-masing untuk menjahui larangan-larangan-NYA, dengan membangun sikap saling menghormat, saling membangun kerukunan dan keakraban keluarga dengan harapan tercapainya kesejahteraan, ketentraman Trah Bratadiningrat-Banyumas secara lahir dan bathin.

  • Misi :
Keluarga Besar Trah Bratadiningrat-Banyumas berupaya mencapai Visi, dengan bertindak didalam sepanjang hidup adalah :
- Secara berkala berupaya melakukan silaturochim / beranjang sana dalam segala acara, serta melakukan ziarah - berdoa kepusara leluhur secara bersama-sama;
- Menyusun/menjaga data silsilah agar mampu melestarikan riwayat Trah sesuai per -kembangan keluarga, dengan harapan dapat memberi kemudahan family menelaah ataupun memberikan pencerahan tentang keluraga sedarah dan pancer leluhur.
- Menjaga hubungan kekeluargaan dan warisan peninggalan sifat Budi Luhur, dan sikap ke Arif bijaksanaan para leluhur  dengan cara :
  > membentuk ikatan keluarga secara formal,
  > memperkuat persaudaraan dengan bersikap menjauhkan  diri dari perbuatan tercela dan
     menjunjung tinggi nilai nilai kehormatan keluarga.  

1). Trah BRATADININGRAT - Banyumas

Raden Adipati Mertadiredja I atau Raden Adipati Bratadiningrat

Jumeneng Wedana  Bupati  Kanoman Banyumas (Th 1816-1830)  Raden Adipati Bratadinngrat adalah putera Mas Mertawidjaya, bin Raden Tumenggung Yudonegara III, bin Raden Tumenggung Yudanegara II / Tumenggung Sedo Pendopo, bin Raden Tumenggung Yudonegara I.
Dalam teks Babad Banyumas diperkenalkan Trah Yudanegara yaitu sejak Tumenggung Yudanegara I s/d V, sebagai penguasa Banyumas, yaitu menduduki sebagai bupati
Trah Yudanegara berlanjut dalam perkembangan silsilah keturunan  menjadi Trah Mertadiredjan / Trah Bratadiningrat , sehubungan kekuatan Raja Surakarta yang begitu besar dan memiliki pengaruh kuat dalam menentuan penguasa wilayah Banyumas, dimana kekuasaan Bupati Yudanegara V berakhir, (Trah Yudonegara terpaksa meninggalkan kekuasaannya oleh faktor eksternal).

SILSILAH LELUHUR TRAH BRATADININGRAT - BUPATI KANOMAN DI BANYUMAS

Rangakaian dari Silsilah Trah Bratadiningrat - Bupati Kanoman - Banyumas, perlu sekiranya memahami awal riwayat keturunan dan dapat memberikan pengetahuan hubungan garis keturunan dengan leluhur-leluhur pacer laki-laki (patrilineal) / garis pancer dari ibu (matrilinial), adalah sebagai berikut :

 K


-->Setelah sebagian rangakaian dari Silsilah Leluhur Trah Bratadiningrat - Bupati Kanoman - Banyumas telah dipahami, maka seiring perkembanangan keluarga Trah keturunan yang sedarah tentunya rangkaiannya semakin luas, oelah karena hal tersebut dalam Silsilah ini belum semuanya disajikan karena keterbatasan penulis / penyusun layaknya sebagai manusia, yaitu masih banyak kekurangan dalam hal pengetahuan dan data yang terhimpun, kecepatan waktu yang berlalu dan tida terjangkaunya pengenalan family satu persatu sebagai ujud silaturachim,  serta keterbatasan komunikasi, dan semakin langkanya kepedulian perihal silsilah oleh banyak faktor
 
Putera puteri bersaudara dengan diutamakan pada nama nama putera :
-->
A. BRATADININGRATAN;
B. KERTODIREDJAN;  
C. MERTADIREDJAN I;

A. Putra Keturunan BRATADININGRATAN :
Raden Adipati Bratadiningrat, Bupati Banyumas; Makam di Kebutuh Sukaradja. Putera-puterinya adalah sbb.:
1. Mas Ajeng Tirtosura, di Banyumas.
2. Raden Bei KERTADIREDJA, Ngabehi Sukaradja; Makam di Kebutuh.
    ( alur pancer dari Trah Keluarga Raden Ngabei Djoyosoebroto )
3. Mas Ajeng Mertadikrama, di Sigaluh.
4. Raden Adipati MERTADIREDJO I, Bupati Purwokerto; Makam di Kalibogor -Purwokerto.
5. Raden Maloyosari, ampejan dalem Kanjeng Susuhunan ke V, Kasunanan Surakarta.
6. Raden Mertawidjaya.
7.Raden Sasraredja Patih Cilacap.
8. Raden Nganten Wangsabrata.
9. Raden Ayu Radjaniti, di Surakarta.
10. Mas Surawigati ( Surawidjaya ).
11. Mas Suradiredja, Mantri-polisi Jambu, dan
12. Raden Kromodiredjo, Patih Sindusenan.  

B. Putra Keturunan KERTADIREDJAN (A No.2)
1. Raden Tumenggung Djayadiredja, Bupati Purwokerto; Makam di Botoputih Surabaya.
2. Raden Ayu Adipati Dipadiningrat, menikah dengan Bupati Bandjarnegara.
3. Raden Ayu Sumaredja, menikah dengan Raden Sumoredja, Collecteur Purbalingga; Makam di
   Kalibutuh).
4. Raden Ranadiredja, Mantri Kabupaten Purwokerto,
5. Mas Tirtawidjaya, di Purwokerto.
6. Raden Nganten Wangsadiredja, menikah degan Patih Purwokerto.
7. Raden Nganten Danuwidjaya, di Purbalingga.
8. Raden Djayadimedja, Wedana Jambu.
9. Raden Diparedja, Assistant Wedana Merden, dan
10. Raden Kartadimedja, Wedana Batur.

C. Putra Keturunan MERTADIREDJAN I (A No.4).
1. Raden Bei Sumadiredja, Collecteur Purwokerto.
2. Raden Ayu Judaatmadja, menikah dengan Wedana Batur.
3. Raden Ayu Sumadiningrat, menikah dengan Patih Pemalang.
4. Raden Ayu Djayadiredja,  menkah dengan Bupati Purwokerto (B.No.l); Makam di Kebutuh.
 Puteranya adalah: Raden Ajeng Marjatiwafat usia muda, makam di Cikebrok.
5. Kanjeng Pangeran Arya Mertadiredja, Bupai Banyumas, makam di Kalibogor.
6. Raden Ayu Djayasumitra, menikah dengan Assisten Wedana Karangkemiri.
7. Raden Ayu Santadiredja, menikah dengan Raden Santadiredja, Patih Banyumas; Makam di Dawuhan Banyumas.
8. Raden Ayu Atmarana.
9. Raden Mangkuredja, Collecteur Purwokerto.
10. Raden Mertasura,  Mantri gudang Jatilawang.
11. Raden Ayu Rediamamad, menikah dengan pengulu Purwokerto.
12. Raden Surodiredja, Jaksa Banjarnegara, dan
13. Raden SINGADIREDJA, colllecteur Cilacap; Makam di Kalibogor. Menikah dengan Raden Nganten Singadiredja binti Raden Tirtadikrama, Wedana Purwokerto.


D. Putra Keturunan SINGODIREDJAN (C No.13).
1. Dipasoepana, Patih Purwokerto; Makam di Kalibogor.  Menikah dengan saudara misan,  putera dari  Raden Tumenggung Djayadiredja, Bupati Purwokerto. (lihat:  A No.2, dan 4;  H No.2 dan C No.13).
2. Raden Puspasupana, Mantri lumbung Purwokerto, bertempat tinggal di Sukaradja. Menikah dengan anak-saudara putra Kepatihan Santadiredjan Baanyumas (lihat: C No. 13 )
3. Raden Sasrasubrata (Sadiya), Assisten Wedana Kesugihan,  bertempat tinggal di Purwokerto. Menikah dengan putera dari Raden Adipati Pringgoatmodjo, Bupati Kutoardjo.

E. Putra Keturunan DIPASOEPANAN (D No.l).
1. Raden Ayu Hardjadarsono (Mar); Makam di Cikebrok Purwokerto; Menikah dengan Raden
  Hardjodarsono Mantri-guru Rawalo, bertempat tinggal di Purwokerto.
2. Raden Ayu Sastrodihardjo (Seneng), menikah dengan M. Sastrodihardjo, Mantri-guru
  Banyumas.
3. Raden Ayu Mangkuredja (Din), menikah dengan Raden Mangkuredja, Mantri Pasar.
  Bandjarnegara; bertempat tinggal di Purwokerto.  Raden Mangkoeredja adalah putra dari Raden Sumaredja, Collecteur  Purbalingga.
4. Rade Ayu Mangkudimedjo (Djul), menikah dengan Raden Mangkudimedjo, Juru tulis / pegawai
  adminsitrasi Kabupaten  Cilacap,  Putera dari Raden Ranadiredja, Wedana Batur.
5. Raden Sumadi, Commies Station Sepoer (SS) Purwokerto, Menikah denga Raden Rara Aminah,
   putera dari M.Dr.  Samingoen, inf  Kebumen.
6. Raden Suparno, adjunt commies S.S. Madiun, menikah dengan Raden Ajeng Koeskapinah,
  putera dari R.M.P.  Mangkusubroto, Assisten  Wedana Kemrandjen, dari isteri  putera/keturunan R.A.Dr.Wangsasupanta.

<><><>
     
A.RIWAYAT TRAH BRATADININGRAT  DALAM SILSILAH
    Berawal dari Wilayah Banyumas dipecah menjadi dua bagian, yaitu Kesepuhan dan Kanoman.
    Keluarga Raden Adipati Mertadiredja I / Raden Adipati Bratadiningrat
    mempunyai putera sebanyak: 12 (dua belas) putera-puteri, yaitu :
    1.  Mas Ajeng Tirtasura,
    2.  Raden Ngabehi Kertadiredja, Wedana Race (Sokaraja).
    Kertadiredja selanjutnya mempunyai anak Raden Tumenggung Djajadiredja (menarrtu K.P.A.A. Mertadiredja II, bupati Purwokerto 1853-1860) dan Raden Ayu Adipati Dipadiningrat (istri Bupati Banjarnegara),
    3. Mas Ajeng Mertadikrama, di Sigaluh,
    4. Kanjeng Pangeran Adipati Aria Mertadiredja II,
    5. Raden Ajeng Malayasari (ampean Susuhunan Pakubuwana V),
    6. Raden Ngabehi Mertawidjaja, Mantri gunung Sokaraja,
    7. Raden Ngabehi Kramadiredja, Penewu Pinisepuh Kepatihan Surakarta,
    8. Raden Ayu Tjakradipura, di Banyu­mas,
    9. Raden Ngabehi Sasradiredja, Patih Kabupaten Cilacap. Sasradiredja berputra Raden Ngabehi Sasra Atmadja (Mantri Gunung Purwokerto) yang mempunyai anak perempuan Raden Rara Sudjinem atau Raden Ayu Pudjasari yang menjadi istri Kanjeng Pangeran Adipati Arya Gandasoebrata,
    10. Raden Ngabehi Surawidjaja,
    11. Raden Ayu Tumenggung Radjawanti II, dan
    12. Raden Ngabehi Suradimedja, Mantri gunung Jatilawang.


    1
     Kanjeng Pangeran Adipati Arya Gandasoebrata + Raden Ayu Pudjosari
    Disini dapat ditarik kesimpulan bahwa Trah Yudanegaran di Banyumas, bercabang menjadi Trah Mertadiredjan di Banyumas dan Trah Danurejan di Yogyakarta. Selanjutnya, Trah Mertadiredjan mempunyai ranting Trah Gandasubratan dan Trah Mardjana. Trah Mertadiredjan tidak dapat dilepaskan hubungannya dengan trah-trah lain yang berada, baik di Banyumas (trah Pasir dan trah Yudanegaran), Banjarnegara (trah Dipayudan), maupun Kebumen (trah Wangsanegaran. trah Kolopaking. dan trah Kartanagaran).
    Dalam perkembangan Trah Mertadiredja tidak banyak disebut kembali, namun dikenal dalam masyarakat adalah sebutan Trah Bratadiningrat – Banyumas.






     2). Garis hubungan Trah Bratadiningrat dengan Trah Kromodjayan -Kanoman
    Dalam pohon keluargaTrah Raden Adipati Bratadiningrat - Bupati Kanoman Banyumas  dalam perkembangan keturunannya (induk paguyuban) bercabang di seluruh pulau Jawa, oleh sebab itu penulisan Serat Sarasilah ini banyak penjelasan yang behubungan dengan keluarga sedarah yang menyebar di Jawa.
    Khususnya di Jawa Timur dimulai dari riwayat Raden Djojosoebroto (Collecteur di Krian-Sidoarjo) menikah Raden Ayu Klara (Trah Notodiningrat III, Bupati Malang 1884-1898); yang menurunkan keluarga Trah Bratadiningrat yang ada di Jawa Timur. Karena keterbatasan wawasan dan komunikasi masih banya yang belum tergali data keluarga sedarah misalnya di Jawa Tengah, Jawa Barat dan lainnya. 


     3). Trah Kromodjayan-Kanoman ( Raden Adipati Arya Kromodjoyo Adinegoro III /     Raden Mashudan,  Bupati Mojokerto 1886-1916);

    
    Hormat kami

    Raden Ayu Fien Soedarliyah, Sidoarjo

    Dari Pancer R Ayu Klara (garwa 1)
    Raden Ayu Soemiastini Bambang Soebali ( TIEN), Surabaya
    Raden Ir Soemiyanto (YANTO), Surabaya
    Raden Ayu Soemiastoeti (TUTI), Surabaya
    Raden Ayu Sumiarlina (ARLIN), Surabaya
    Raden Widodo Achmad Soesandi, Surabaya.

    Dari Pancer R Ayu Djoyosoebroto (garwa 2)
    Raden Ayu Benarty (TITI), Jakarta
    Raden Ayu Hartini (TINEKE), Jakarta
    Raden Ayu Sutjininghati (TETTY), Bandung







    R Ayu Koesmoertosijah; Eyang R Ayu Bratadiningrat; R Ayu Koesmini  

     R Soepangkat, R Ay Koesmoertosijah; R Ay Koesmini; Eyang R Ay Bratadiningrat; R Abdulrachman
    
     R Ay Koesmini; R Ay Soetarmi; ......... dst

    Tempat : Kediaman R Ng Djoyosoebroto, di Purwokerto 

    R Ng Djojosoebroto 


     Keluarga R Ng Djojosoebroto ( photo di ndalem Purwokerto )





    Rr Rahayu, R Widodo; R Ay Roemini (Concom); R Soekamto; R Ay Djojosoebroto









    75 komentar:

    1. wow neruntung sekali browsing nemu saudara..salam dari kami anak,cucu dan cicit eyang parmoedjo

      BalasHapus
    2. dari sebuah informasi yang saya baca dari blog sebelah, Tumenggung Yudanegara 3 bersaudara
      1. Kendal Bagus Suta Candra II
      2. Sawenggang Pati
      3. Tumenggung Yudanegara.
      jumlah Putra Tumenggung 12 Putra, menurut infonya silsilah dokter Soedarmadji diantaranya:
      Adipati Danureja I (Patih Yogya Pertama 1755-1799)
      Tumenggung Dipayuda I atau Bupati Purbalingga I
      Raden Ajeng Tumenggung Kartanegara.

      Wangsengrana (Demang Jeruklegi) menikah dengan kakak perempuan Danureja. Wangsengrana selain menjadi Demang juga mendapat tugas menjaga pantai Cilacap barat dan diberi prajurit yang dikepalai oleh Ki Jaga Resmi dan seorang juru tambak, menjaga pantai dari Perompak / Bajak Laut yang datang dari Celebes (Sulawesi) dan Borneo (Kalimantan). Wangsengrana itu wanita atau Pria?

      BalasHapus
    3. Pak mau tanya apakah benar yudanegara 3 mempunyai anak yg kemudian disebut yudanegara 4 dan kemudian punya anak lagi yudanegara 5 atau disebut pangeran agunf mataram dan kemudian punya anak lagi bernama pancasentika dengan kedudukan demang beji

      BalasHapus
    4. MANTAP Sangat berguna bagi saudara saudara kita yang blm tahu asal usul sejarah banyumas ...
      www.kisanpaidi.blogspot.com

      BalasHapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    6. TRAH BANYUMAS
      SAMPEYAN NDALEM INKANG SINUHUN
      PRABU BRAWIJAYA Kaping IV
      Ing MADJAPAHIT


      Raden Suputra (Aria Baribin /R Baribin ) peputrq 4 saking garwo Dewi Kamri
      Utawi Retno Pamengkas putro Ap Siliwangi ing Pajajaran

      Raden Djaka Kaduhu ( Raden Adipati Wirahutama I ing wirasaba )
      Krama angsal Rara Mukatiman.
      Sareng anggentosi marasepuh ladjeng asma Wirahutama dados Adipati ing Wirasaba,Ingkang misuda Sampeyan ndalem Ingkang Sinuhun Prabu Brawidjaja kaping V ing Madjapahit.

      Raden Urang ( Kura ) ( Raden Adipati Wirahutama II ing Wirasaba )
      Krama angsal Rara Wresti anakipun Kyai Buyut Buhara (angsal saderak misan).

      Raden Djaka Surawin ( Raden Adipati Surawin ing Wirasaba / R Adipati
      Wirahutama III ,Krama angsal Dewi Santang Putraning Adipati Gagak
      Ngampar ing Dayeh Luhur III .
      Ingkang misuda Sampeyan ndalem Ingkang Sinuhun Kandjeng Sultan Demak I

      5. Raden Djaka Tambangan ( R Adipati Surahutama /Wirahutama IV ing wirasaba ).
      Krama angsal Dwi Lungge Putranipun Adipati Banjak Besi ing pasir Batang
      Ingkang misuda Sampeyann dalem Ingkang Sinuhun Kandjeng Sultan Demak II


      ngampunten numpang >>>>www.kisanpaidi.blogspot.com

      BalasHapus
    7. Maaf mau tanya klu di purbalingga ada yg tahu silsilah krama chandra atau kramayasa? Trims

      BalasHapus
    8. RR kartinah yang berada utara pasarwage sekarang untuk diklenteng keturunan siapa

      BalasHapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    10. Terimakasih atas informasinya. Salam hangat. Nguri nguri Wirasaban Banyumasan Dipayudan
      http://stamboelgassajaparya.blogspot.com/2016/12/daftar-bupati-banyumas.html

      BalasHapus
    11. Cari silsilah bapaknya suwardi(suwardi adalah ayah nenek saya)

      BalasHapus
    12. Assallamu'allaikum lurrr saya mau tanya saya pernah bermimpi bertemu dengan leluhur yg mengaku eyang dipowongso diprodjo mohon bantuannya untuk kelarifikasi nya terimakasih salam rahayuuuu

      BalasHapus
    13. saya mau tanya apa ada info tentang eyang nayandriya dari sokaraja kulon? terimaksih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sepertinya untuk informasi tentang eyang nayandriya, sangat minim sekali, padahal cungkup beliau lebih tua dari usia pesarean keboetoeh. Yg babad daerah sokaraja kulon, sebelum kadipaten sokaraja terbentuk. Kita hanya tahu,dari cerita turun temurun saja. Dan ada tanda. Kalau garis keturunan beliau apabila melakukan hajat pernikahan, membuat tanda dg tumpeng si uceng. Bila dari pihak laki2x yg menjadi garis keturunannya harus memberikan ke pihak perempuan, bila perempuan yg jadi garis turunannya harus di kasih oleh pihak laki2x. Maaf saya juga orang dari desa sokaraja kulon. Dan hanya mendegar dari embah dan orang tua saja.

        Hapus
      2. Apakah ada hubungan keluarga sama kakek buyut saya bernama demang suradirana

        Hapus
      3. Apakah demang suradirana msh trah dari Kalirajut, patikraja?
        Apakah panjenengan ada infonya, mari kita tujer informasi dgn data yang kami punya. .
        Hub saya di no wa 082223732949

        Hapus
    14. Saya mencari silsilah eyang dokter samingoen dr sumenep.

      BalasHapus
    15. Hutomo P.

      Ayah saya Alm. R.Soedirman,anak dari Alm.R.Soedarsono,Kali Bagor,selanjutnya untk keturunan (saya) dan anak saya apa ada genetik Raden juga?

      BalasHapus
    16. Hutomo P.

      Ayah saya Alm. R.Soedirman,anak dari Alm.R.Soedarsono,Kali Bagor,selanjutnya untk keturunan (saya) dan anak saya apa ada genetik Raden juga?

      BalasHapus
    17. Nuwunsewu apakah ada acara semacam silaturahim trah atau syawalan tahunan?
      Saya Garbayu TH, Cucu dari Rr Toeminah yang merupakan anak dari Rr. Meinah dengan garis ke atas R. Ayu Mangkoeredja - R. Dipasoepana dst, maksud kami adalah ingin silaturahim dan nguri2 budaya serta bakti terhadap leluhur..
      email saya handoyoriset@gmail.com

      BalasHapus
    18. Kakaek saya Raden Suyono (Almarhum), hijrah ke Sumut tahun 1950-an. Abang Kakek saya Raden Suniti (Kakek Guru) tinggal di Telungagung.
      Barangkali ada yang kenal atau mencari..

      BalasHapus
    19. kakek saya bernama Raden mas muhammad wasir dunny bin raden mas atmowinoto asal cilacap desa sidakaya...mohon petunjuk karna kami kehilangan silsilah ke atasnya

      BalasHapus
    20. Bp R Soewoto dan Kakek R Amiredja dr Purbalingga...mohon petunjuk

      BalasHapus
    21. Nama : R.M. Marjono
      Lahir. 19 December 1938
      Bersaudara.
      1. R.M. Martopo ( Abang )
      2. R.A. Sudarti ( Adik )
      3. R.A. Sumarti ( Adik )
      4. R.M. Martoyo ( Adik )
      Berpisah pd tahun 1956.
      Nama orang tua : R.M. Iman Sutandar
      Ibu : R.A. Suwarti
      Nama Eyang : Tumenggung Cokrokusumo
      Semuanya keturunan Purwokerto. Tapi tingalnya di Banjarnegara dijalan Cilincing. Menjabat sebagai Wedana.
      Dari Jawa Th 1956 ikut adik Bapa (Om) yg dimedan Nama : R.M. Iman Sutaji. Saat itu Iman Sutaji menjabat sebagai kepala perkebunan Transmigrasi Apros Medan. Th 1958 masuk polisi ditugaskan ke Aceh. Hingga sekarang tidak ada kabar/alamatnya.
      Waktu saya tinggalkan Cilacap, Setelah Pensiun Bapak/Ibu dan Saudara2 yg lainnya tinggal di Purbalingga. Hanya saya yg ikut adik bapak di Cilacap. Adik bapak di Cilacap Namanya RM.Gondosiswoyo & RM.Zainal Abidin. Keduanya tidak punya anak keturunan. Gondosiswoyo saat itu sebagai tentara pangkat kapten.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya andre, cucu dari Raden Mas Iman Soetadji. Putra putri eyang Tadji

        1. RM Sarono (alm)
        2. RA Titi Kusbandinah (almh)
        3. RM Toto Soedrajat
        4. RA Tati Sumaryati
        5. RA Supartinah
        6. RM Soedibyo (alm)
        7. RA Suparmi (almh)
        8. RA Suharti
        9. RA Susilowati
        10.RA Yeni Suwarti

        Jika anda terima balasan dari saya, mohon email saya agar kita bisa komunikasi.

        Saya andre anak dari RA. susilowati. Saya ada di Bekasi

        Hapus
      2. Mohom hub sy di no 081360259702.sy anak dari RM.marjono.

        Hapus
    22. Mohon informasi tentang keluarga R. M. Mardjono....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mohon petunjuk.. dari silsilah kakek buyut saya wirawijaya trah wirakarya trah karyabesari trah singa menggala..mohon petunjuk

        Hapus
      2. Saya dari tambak banyumas..nuwun

        Hapus
      3. Apakah ada hubungan keluarga sama kakek buyut saya bernama demang suradiran

        Hapus
      4. Mas boleh minta kontak yang ingin tau trah singamenggala? saya juga lagi nyari...kalau kebawahnya sdh ada sebagian tapi keatasnya belum ada.

        Hapus
    23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    25. salamualaikum, maaf mau bertanya
      apakah Raden Ngabei djoyosoebroto memiliki satu anak laki2 yg keluar dari silsilah karena nikah tanpa restu dan hijrah ke sumut? sy punya mbah uyut yg pd saat menjelang sakit mau meninggal baru ngasi tau nama aslinya joyosubroto ( sy tdk tahu ejaan yg tepat ), mungkin hijrah ke sumut sekitar awal 1900an.kata mbah sy memang beliau keturunan darah biru, pernah ditelurusi sm adiknya mbah saya ke jawa namun tidak ketemu, perawakan mbah buyut saya sangan mirip dengan raden supangkat. mohon dibalas. salam

      BalasHapus
    26. Kakek saya bernama Almarhum Marzuki seorang polisi pindah ke sumatera utara.anak terakhir dr beberapa saudara..
      Tidak untuk alasan apa pun saya hanya ingin menjalin silaturahmi bila masih ada saudara di purwokerto.karena dua anak kakek saya masih ada yg hidup..sementara kakek dan ayah saya sudah tiada.
      Kakek hanya memberi cerita sedikit bahwa sebelum ke medan dia pernah membangun sebuah mushola di purwokerto dengan dua saudara laki2 nya dan tertera nama ketiga kakek tersebut di mushola sebagai pendiri nya..
      Bila ada yg mengenal dgn saudara almarhum kakek marzuki saya hanya ingin bersilaturahmi saja..
      Agar tidak putus hubungan kekerabatan.

      BalasHapus
    27. Apakah ada hubungan keluarga sama kakek buyut saya bernama demang suradirana banyumas

      BalasHapus
      Balasan
      1. Cangah saya juga demang, di kebumikan di kuburan kadal meteng, apa ada silsilahnya

        Hapus
    28. Kalo untuk keturunan dari wangsa dikrama apa ada daftar silsilahnya sampai sekarang... Mohon infonya... ?Terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalau wangsadikraam dalam sarasilah kami msh ada hubungan nya dgn suradirana, trah banyumas wikyaha patikraja, Kalirajut.

        Hapus
      2. saya juga keturunan wangsadikrama. berputra wangsareja. Apakah bapak/ibu mempunyai data silsilahnya? Mohon bantuan dan informasinya. Terima kasih

        Hapus
      3. Saya mau cari silsilah sanmarwi ada ya

        Hapus
      4. Ki wangsa dikrama dengan Ki Wangsa Krama apakah berbeda orang ya?

        Hapus
    29. tolong info nya dong, ttg lurah desa karangkemiri Kemangkon dr abad 17

      BalasHapus
    30. Salam rahayu..
      Bagi yang sedang menyusun sarasikah terutama yang ada hubungannya dengan trah Banyumas baik Kasepuhan maupun kanoman, mohon saya ikut bergabung.
      Kami meliliki daftar trah nama nama dri banyumas trah Kalirajut dan patikraja.
      Eyang buyut kami adalah saudara kandung dari kyai mranggi, kejawar banyumas, beliau dalam sarasilah kami terkenal dengan nama Sranggapati atau Ranggapati, sedangkan eyang buyut kami adalah Sranggayuda atau Ranggayuda makam di desa Batur, kecamatan Karanganyar kab. Purbalingga.
      Mohon kita berbagi info untuk hal tersebut diatas. Sedulur bisa menghubungi saya di no. Wa 082223732949 atau di hizkia28@yahoo.com
      Demikian dari saya, semoga bermanfaat.
      Salam rahayu dari wong Purbalingga.

      BalasHapus
    31. Mungkin dari oembaca ada yang masih berhubungan darah atau masih keturunan dri beliau beliau yang nama nya saya sebut, terutama yang berasal dari trah Banyumas wilayah Patikraja dan Ajibarang.Dan tidak menutup kemungkinan bahwa nama2 tersebut masih memiliki hubungan dengan Kyai Mranggi Kejawar Banyumas, atau dalam silsilah yang kami miliki beliau bernama Kyai Sranggapati/ Ranggapati, adik dari Kyai Sranggayuda/ Ranggayuda, Batur,Karanganyar Purbalingga. Mohon untuk berbagi info nya karena kami sedang meyusun sarasilah.
      1.kyai Najadikrama
      2.kyai Ranabali
      3. Kyai Djajadirana
      4.kyai Gajabasa
      5.kyai Wirjadrana
      6.kyai Ragasetra
      7.kyai Ragatirta
      8.kyai wangsadirana
      9.kyai kyai Djajalentera
      10.kyai singadrana
      11.kyai Najadrana
      12.kyai Najabangsa
      13.kyai Gajasetra
      14.kyai Sa Krama
      15.kyai Surabangsa
      16.kyai karyamamad
      17.kyai karjawijana
      18.kyai Gajadikara
      19.kyai karwan
      20.kyai Bangsawetjana
      21.kyai Gajadikrama
      22.kyai kertarana
      23.kyai Marmasentana
      24.kyai Ragadikrama
      25.kyai Singadikara
      26.kyai Najadiwirja
      26.Nyai Jaleksana
      27.kyai sranggayuda
      28.kyai sranggapati
      29.ki Amungkarso
      30.ki Surapenitis.
      Demikian data nya. Jika ada yang mengerti atau memiliki hubungan dengan nama tsb, mohon hubungi saya di no wa 082223732949, atau di hizkia28@yahoo.com.
      Atas perhatian dan info nya saya ucapkan terima kasih.
      Salam rahayu, dari saya wong pirbalingga.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mbah buyut saya wangsa krama,katanya dulu pejabat di purwokerto,keturunannya sekarang di tanggeran,

        Hapus
    32. Mf, Mau tanya demang/keturunan demang di purwokerto sapa ?

      BalasHapus
    33. maaf, tolong info lurah karangkemiri kemangkon..... Ki SOMAWIDJAYA dan Ki suratirta. thnx

      BalasHapus
    34. Maaf mau tanya soal silsilah (R.Yudasemita) saya dari kecamatan Cilongok. Mungkin ada yg tahu?? Hubungi email gagafransiska@gmail.com dokumen silsilah turun temurun sampai sekarang masih ditangan saya. Terimakasih

      BalasHapus
    35. Saya sedang mencari silsilah eyang canggah saya yg bernama Eyang Kerti Trunawijaya yg makamnya di pengimaman masjid lembu ayu desa susukan kec.sumbang, Banyumas. Saya mencari di kraton jogja gak ada dan belum ke solo krn belum pegang silsilah dr keluarga yg sudah kepaten obor. Mohon jika ada saudara yg tahu ttg R.Kerti Trunawijaya hubungi saya di wa 08976621690

      BalasHapus
    36. Assalamualaikum..apakah ada yang tahu dgn silsilah dari Karya Dipa

      BalasHapus
    37. Assallammualaikum....mohon maaf sebelumnya, ada yg tahu silsilah leluhur kami...eyang setradimedja...itu garis trah darimana yah...makam beliau ada di desa karang duren, sokaraja...mohon infonya ?

      BalasHapus
    38. Mohon hub saya ke 081360259702 sy anak dari RM.marjono

      BalasHapus
    39. Saya keturunan demang suradirana di banyumas, tinggal di sumakaton somagede, dari pihak mbah putri eyang dipakriya, ada yg tau mohon info atau email

      BalasHapus
      Balasan
      1. saya keturunan wangsadikrama. dari komen disini katanya ada keturunan dari suradirana, mohon infonya apabila tahu mas/mba

        Hapus
    40. Apakah ada sejarah lengkap dan silsilah keluarga Raden Mas Tumenggung Cokrokusumo?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf ,apakah RM Tumenggung Cokrokusumo yang keturunan dari KRT Cokronegara ?

        Hapus
      2. Iya betul, maaaf saya baru baca lagi

        Hapus
    41. Siapa nama lurah/kepala desa desa cikakak banyumas di tahun 1960an dan tahun 1970an.terimakasih.mohon jawabannya

      BalasHapus
    42. Siapa nama lurah/kepala desa desa cikakak banyumas di tahun 1960an dan tahun 1970an.terimakasih.mohon jawabannya

      BalasHapus
    43. Maff nyuwun sewu.ada yang punya info ttng eyang kartamedja.canggah dri eyang permadi

      BalasHapus
    44. KulaNuwun...
      Saya keturunan Banyumas juga
      Sy sdh nyekar ke pesarean kebutuh karena di sana ada eang dokter R Angka (kakak kandung kakek dan eang putri sy Rukmini (binti priggosaputro) istri
      Kakek saya R Ismangoen yang dimakamkan di Surabaya wafat th 1944 & sudah pula nyekar ke Dawuhan di anter tante 'sowan' ke Eyang SONTO DIMEJA dan lain lain jg sudah kepetilasan KEPATIHAN BANYUMAS
      Ayah saya R Rahayoe slamet Bin R Ismangoen bin R Projo Diwiryo bin R Ng Sonto DIMEJA dan leluhur saya R Ng SONTO DIMEJA adalah cucu dari BAGUS BETER alias KYAI ADIPATI alias ARJA MENDOERA alias Adipati PURWO berputrikan RADEN AYU DIPOJOEDO Alias EMBAH BANDANG
      di makamkan Beliau di Desa SIGENDU WANADADI BANJAR NEGARA belum saya Ziarahi itu saya lakukan di karenakan saya bermimpi bertemu WANITA CANTIK dan setelah sy berdiri di dpn bangunan KEPATIHAN TERNYATA RUMAH ITULAH YANG ADA DLM MIMPI saya walau sdh tidak seindah gambaran dimimpi...dan yg sy tidak mengerti sya mendengar suara isakan dan saya sempat kekebun untuk minta pembuktian bahwa tempat itu benar dgn mengkorek batu bata di kebun yg ternyata masih berderet ...kejadiannya sebelum tahun 2000..
      Pengalaman yg indah bagi sy...matur suwun admind

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kula nuwun...
        Berarti panjenengan masih ada hubungan darah dengan kula. Mungkin pakde jauh saya bisa dibilang hehe

        Saya juga keturunan R. Ismangoen

        Kakek saya merupakan keponakan Dr. Angka Prodjosoedirdjo, bernama R. Susilo Basuki (alm.). Beliau wafat di Semarang 2009. Saya juga sedang mencari silsilah keluarga. Salam kenal, kula Rifqi Prasetio, lahir 1998...

        Matur sembah nuwun semoga kita bisa menemukan silsilah betul2. Aamiin aamiin

        Hapus
    45. Saya mau tanya ap benar ada trah keturunan kolopaking di desa karang asep kec.kertanegara kab.purbalingga yang bernama kartameja

      BalasHapus
    46. Desa karang asem maksud saya

      BalasHapus
    47. Desa karang asem maksud saya

      BalasHapus
    48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    49. Maaf mau tanya kalau patih santa direja itu putranya siapa saja ya?

      BalasHapus
    50. Assalamualaikum,. apakah ada yg mengetahui silsilah /makam leluhur saya singadikrama (dari banyumas) dulu salah seorang pejabat/lurah/penatus
      mohon barangkali ada info bisa hubungi saya, tidak ada niat apapun hanya ingin sembah bakti terhadap leluhur. 081226700169
      matursuwun wassalamualakum, wr wb

      BalasHapus
    51. Maaf mau tanya apakah ada yang tau silsilah keturunan dari wangsareja bin wangsadikrama (purwokerto). Mohon informasi dan bantuannya untuk jalin silaturahmi. Terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. H. Ichsan bin Wangsa dikrama .. adakah info?

        Hapus
    52. assalamualaikum, mudah²an ada titik terang dari keluarga kakek saya R.M Tjokroaminoto Purwokerto , beliau di makamkan di pjajaran bandung kediaman terakhir di Sumedang..

      BalasHapus
    53. Mau tanya, siapa saja nama Putri Ngabei Mertawijaya atau RT. Danukusumo II?? Jika ada yg tau tolong hubungi saya di nomer 089876621690

      BalasHapus
    54. Untuk Trah RHY T KARTANEGARA II apa masuk di sini juga?
      Terimakasih infonya

      BalasHapus